Begini Cara Yang Baik Memilih Lampu Untuk Hunian Anda

Arsitektur 123-Setiap ruangan tentulah membutuhkan pencahayaan, baik pencahayaan buatan maupun pencahayaan alami. Pencahayaan yang baik pada sebuah ruangan adalah pencahayaan yang cukup tidak berlebihan dan juga tidak kurang untuk mendukung aktifitas di dalamnya. 
Pencahayaan buatan dewasa ini diperlukan tidak hanya untuk memberi penerangan semata, namun pencahayaan juga dapat memberikan manfaat dan suasana-suasana tertentu yang diinginkan. Pencahaan memainkan peranan yang penting dalam desain interior sebuah ruangan, pencahayaan dapat menghadirkan nuansa-nuansa tertentu seperti nuansa hangat, lembut, akrab dan juga nuansa ketenangan. Hal ini dikarenakan oleh efek-efek yang ditimbulkan dari warna, cahaya, fitur dan lain sebagainya.
Berikut ini kami mencoba memberikan panduan ringkas bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara memilih lampu untuk hunian anda.


Ketahui Jenis Lampu Berdasarkan Lokasi Penggunaannya

image via: www.panasonic.net


Ketahui Kecerahan Lampu Yang Tepat Untuk Setiap Ruangan

Setiap ruangan memiliki karakteristik yang berbeda, oleh karena itu kecerahan lampu yang dibutuhkan juga berbeda, tergantung dari aktifitas yang berlangsung di dalamnya. Tentu saja kecerahan cahaya untuk ruang tidur dan ruang belajar berbeda begitu juga antara ruang tamu dengan teras.
Sumber: General rules of recommended lighting levels(JISZ9110:2010)

Membaca, rekomendasi cahaya 500 lx



Berkumpul, rekomendasi cahaya 200 lx




Belajar, rekomendasi cahaya 700 lx




Ketahui Warna Cahaya Lampu Yang Tepat Untuk Setiap Ruangan

Untuk diketahui bahwa lampu memiliki warna yang berbeda-beda berdasarkan warna temperatur nya atau disebut color temperature. level warna ini berbeda-beda berdasarkan nilai derajat Kelvin atau lebih sering disingkat dengan nilai "K". Semakin tinggi nilai derajat Kelvin, maka cahaya yang dihasilkan akan lebih mengarak ke warna biru, sedangkan semakin rendah nilai derajat Kelivin, maka warna yang dihasilkan akan mengarah ke warna merah.
Denga adanya perbedaan nilai derajat Kelvin ini, maka memungkinkan kita untuk mengatur nuansa ruangan yang kita inginkan, seperti kesan hangat, dingin maupun suana netral yang menyegarkan.

image via: www.panasonic.net



Begini Cara Yang Baik Memilih Lampu Untuk Hunian Anda Begini Cara Yang Baik Memilih Lampu Untuk Hunian Anda Reviewed by arsitektur123 on 11:53 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.