Camlica Mosque-Istanbul, Masjid Indah Dengan Sensasi Taman Surga Pada Desainnya

Arsitektur-123, Sebuah sayembara arsitektur yang dilaksanakan pada tahun 2012 lampau di Istanbul Turki telah mencoba menjaring sebauh rancangan masjid dengan kapasitas 30.000 jamaah di atas sebuah lahan dengan luas 15.000 meter persegi.
Lokasi yang ditentukan pada brief kompetisi ini adalah sebuah possi yang sangat strategis yakni sebuah puncak bukit tertinggi di Uskudar, Camlica.

Kompetisi ini sendiri diikuti oleh berbagai pihak. Pada akhirnya panitia kompetisi menjaring daftar panjang sebanyak 40 proposal yang kemudian menyaring lagi menjadi 20 proposal yang masuk dalam daftar pendek. Yang menariknya adalah dari 20 proposal yang termasuk ke dalam daftar pendek kemudian diputuskan bahwa tidak ada satupun proposal yang menempati posisi pertama, karena ada dua proposal yang berbagi posisi sebagai proposal terbaik yang dipilih.

Turner Cakmakli Architects

Pada artikel ini kita akan melihat proposal yang diajukan oleh salah satu peserta yakni Turner Cakmakli Architects, sebuah biro arsitektur lokal yang memiliki beberapa cabang di Jerman dan Spanyol.
Tuncer Cakmakli dalam proposalnya mengusung konsep untuk menggabungkan antara arsitektur dan lansekap. Alam menjadi elemen penting, ia seolah-olah menjadi jantungnya desain masjid ini.

Konsep Rancangan

Masjid ini secara umum berbentuk melengkung dengan kombinasi antara bangunan Masjid dan ruang terbuka atau plaza. Plaza yang dibungkus dengan dinding semi transparan ini seolah-olah merepresentasikan ruang sosial "Kulliye" yang lazim pada masa Ottoman.
Struktur lengkung pada bagian mihrab berupa dinding masif yang kemudian bertransformai menjadi dinding lengkung yang semi transparan serta memiliki dinding hijau sebagai taman yang berisikan bunga mawar, melati serta tanaman-tanaman bunga lainnya. Dinding hijau ini membungkus plaza pada bagian tengahnya, sehinga orang-orang yang berada pada plaza akan merasakan sensasi berkumpul di dalam taman Eden atau taman surga.

Tuncer Cakmakli juga memiliki filosofi desain pada rancangan masjid ini bahwa mesjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk melakukan ibadah sembahyang, namun masjid juga merupakan sebuah ruang yang mengakomodir aktifitas lainnya seperti tempat belajar, bersosialisasi dan berinteraksi, fungsi rekreasi dan fungsi-fungsi lainnya.

Illustrasi Rancangan

Berikut ini adalah ilustrasi desain masjid Camlica Mosque rancangan Tuncer Cakmakli.

Camlica Mosque (source: www.architizer.com)

Camlica Mosque (source: www.architizer.com)

Camlica Mosque (source: www.architizer.com)

Camlica Mosque (source: www.architizer.com)

Camlica Mosque (source: www.architizer.com)

Camlica Mosque (source: www.architizer.com)

Camlica Mosque (source: www.architizer.com)


Camlica Mosque-Istanbul, Masjid Indah Dengan Sensasi Taman Surga Pada Desainnya Camlica Mosque-Istanbul, Masjid Indah Dengan Sensasi Taman Surga Pada Desainnya Reviewed by arsitektur123 on 4:38 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.