Mengapa Harus Ikut Kompetisi Arsitektur?



Mengapa Harus Ikut Kompetisi Arsitektur???...

futureplus.net
image via: futureplus.net

Kompetisi dalam dunia arsitektur sudah menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan sejak lama dalam industri Arsitektur. Kompetisi mendorong seorang arsitek untuk mengeluarkan segenap kemampuannya dalam tindakan ber-arsitektur sehingga akan melahirkan gagasan-gagasan yang luar biasa.

Ada banyak motif yang melatari seorang arsitek dalam mengikuti kompetisi arsitektur, selain menjadi ajang mengasah kemampuan juga menjadi ajang untuk memenangkan juga pastinya daya tarik atas imbalan hadiah yang ditawarkan.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kompetisi arsitektur yang dikutip dari beebreeders.com



Kebebasan Kreatifitas

Kompetisi arsitektur merupakan sebuah kesempatan bagi arsitek untuk mengeluarkan kreatifitasnya. Proyek dari sebuah kompetisi arsitektur tidak dibatasi dengan client dan supervisor seperti halnya proyek-proyek real, batasan dalam sebuah kompetisi hanya berupa batasan-batasan dan panduan yang tertuang dalam brief kompetisi. Kompetisi arsitektur memberi peluang yang luas untuk meng eksplor passion dengan cara-cara yang baru. Kebebasan yang dittawarkan pada sebuah kompetisi arsitektur dapat memberikan sedikit udara segar dalam berarsitektur.


Kompetisi Arsitektur Berikut Hadiahnya

Jika anda tidak gagal untuk memenangkan sebuah kompetisi apakah itu berarti anda telah membuang-buang waktu? Atau bahkan ada hadiah lainnya yang tetap anda dapatkan selain hanya semata-mata tentang uang? Sebuah kompetisi arsitektur biasanya memiliki jadwal yang ketat dengan batas waktu yang minimal, oleh karena itu sebuah kompetisi arsitektur biasanya akan dapat mendorong anda untuk bekerja dengan cepat, mengambil keputusan terbaik dan kreatif dalam waktu yang singkat.

Walaupun biasanya sebuah kompetisi arsitektur menyediakan hadiah yang menarik bagi para pemenang, namun tidak berarti kita tidak mendapatkan hadiah atau manfaat lainnya selain hadiah uang. 



Melatih Kemampuan

Apakah anda seorang arsitek professional, mahasiswa arsitektur ataupun hanya seorang penggemar arsitektur, kompetisi arsitektur akan mendorong anda untuk mengaplikasikan keahlian anda bahkan akan mendorong anda menjelajah skill ataupun metode lainnya yang mungkin baru bagi anda, disinilah kesempatan bagi anda untuk mencoba tantangan mencoba hal-hal baru.

Selain itu biasanya setiap karya yang masuk dalam kandidat pemenang akan mendapatkan banyak masukan dari para dewan juri sehingga akan memberi umpan balik bagi anda baik itu kelebihan-kelebihan ataupun kekurangan-kekurangan karya anda. Selain itu anda juga dapat mengukur diri dengan melihat karya-karya lain yang akan terpilih nantinya sebagai pemenang.



Melatih Upaya Anda Untuk Mendapat Perhatian Para Juri

Peserta dari sebuah kompetisi arsitektur biasanya banyak, tergantung dari kelas kompetisinya, semakin berkelas sebuah kompetisinya maka akan semakin banyak karya yang masuk. Semakin banyak karya yang masuk, maka akan semakin ketat persaingan yang terjadi, biasanya proses seleksi akan berlangsung dalam beberapa putaran. Dengan banyaknya jumlah karya yang masuk maka, karya-karya yang menarik perhatian jurilah yang akan masuk putaran seleksi berikutnya. Arsitek professional biasanya akan sangat jeli melihat kondisi ini, mereka mempresentasikan karya mereka dengan visual grafis yang menarik perhatian para juri. Kualitas visual dari penyajian karya anda pada putaran ini untuk menarik perhatian dewan juri akan sangat menentukan.


Keluar Dari Realitas

Banyak karya-karya yang memenangan kompetisi-kompetisi arsitektur tidaklah benar-benar dibangun. Banyak karya-karya yang menang hanya menjadi komsep desain semata, walaupun juga ada yang benar-benar dibangun. Kompetisi arsitektur dapat menjadi kesempatan bagi anda sebagai ajang menyalurkan passion anda dalam bidang arsitektur, ini merupakan tentang ide arsitektur, diluar proyek nyata yang biasanya kita kehilangan focus terhadap ide arsitektur akibat banyaknya batasan-batasan pada dunia nyata.

Banyak dikatakan bahwa proyek-proyek besar dan hebat yang kelihatannya Cuma berupa konseptual ternyata dapat direalisasikan pada tahapan berikutnya. Banyak hal-hal besar yang sekarang kita lihat pada dunia nyata ternyata pada awalnya adalah Cuma konsep semata yang terlihat mustahil untuk direalisasikan. Maka jangan takut untuk bermimpi!..



Membangun Portofolio Anda

Arsitek pemula dan para mahasiswa arsitektur sering berfokus pada membangun portofolio mereka. Kompetisi arsitektur merupakan kesempatan yang bagus untuk mendapatkan pengalaman tanpa pengalaman sebelumnya, karena pada proyek yang nyata akan sangat tidak mungkin untuk mendapat kesempatan untuk mendesain proyek-proyek besar dan prestisius tanpa pengalaman menangani proyek-proyek yang sejenis sebelumya. Ini adalah kesempatan bagi anda untuk menginvestigasi hal-hal yang anda belum pernah mengalami sebelumnya.


Mendapatkan Pengakuan

Banyak peserta kompetisi arsitektur yang telah berhasil memenangkan sebuah kompetisi untuk mengangkat kisah kesuksesan mereka dalam upaya mengangkat citra mereka dalam pasar industry arsitektur, bahkan terkadang menjadi titik balik penting dalam karir mereka.

Semakin besar sebuah kompetisi arsitektur maka akan semakin prestisius penghargaan dan pengakuan yang didapatkan. Biasanya penyelenggara kompetisi arsitetur memiliki jaringan yang luas terhadap media, kampus, biro arsitektur dan juga pasar industri arsitektur. Pemenang akan mendapatkan publikasi yang luas melaui jaringan-jaringan ini.

Masih merasa kurang yakin untuk berpartisipasi dengan kompetisi arsitektur?? Silahkan pertimbangkan berbagai manfaat yang diperoleh dari kompetisi arsitektur.

Sudah mantap untuk ikut kompetisi? Ikuti kompetisi desain masjid Agung Pemalang



Mengapa Harus Ikut Kompetisi Arsitektur? Mengapa Harus Ikut Kompetisi Arsitektur? Reviewed by arsitektur123 on 9:14 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.