Inspirasi Desain Ruang Sholat Yang Membuat Ibadah Keluarga Menjadi Lebih Khusyuk

Ilustrasi ibadah sholat (sumber: www.dekoruma.com)

Arsitektur-123 Memiliki sebuah hunian yang dapat menampung semua kebutuhan sebuah keluarga merupakan impian semua orang. Namun desain sebuah rumah idealnya tidak hanya sekedar mengakomodir kebutuhan aktifitas penggunanya namun juga harus dapat memberikan dampak-dampak postitif serta berbagai nilai tambah lainnya baik kepada penggunanya maupun lingkungan sekitarnya.
Bagi sebuah keluarga muslim, rumah atau hunian harus dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah S.W.T

Banyak hunian bagi sebuah keluarga muslim yang melengkapi huniannya dengan sebuah ruang khusus sebagai tempat ibadah Sholat. Ruangan tersebut dapat disebut sebagai mushalla ataupun ruang sholat.
Berikut ini kami adalah beberapa ide desain mushalla atau ruang sholat yang dapat anda terapkan di hunian anda.

Ruang Khusus Untuk Sholat

Ruang Sholat (sumber: www.dekoruma.com)

Ruang yang memang diperuntukkan sebagai ruang khusus untuk sholat biasanya telah direncanakan dari proses desain sebuah hunian. Pemilik hunian dapat menyampaikan kebutuhan ruang-ruang kepada arsitek yang telah ditugasi. Ruang khusus seperti ini biasanya dapat berfungsi secara maksimal. Posisi atau letak ruangan dapat diatur sedemikian rupa begitu juga konsep tata interior ruangan tersebut.
Penempatan ruang untuk sholat dapat mengakomodir kebutuhan pengguna dengan baik, seperti luas ruang yang dapat mengakomodir jumlah penghuni, arah kiblat hingga posisi tempat berwudhu yang representatif.
Karena ibadah sholat membutuhkan kondisi yang bebas dari gangguan-gangguan seperti suara bising, kesucian ruang yang terjaga, maka ruangan ini dapat diletakkan dengan mempertimbangkan aspek ke privasian yang cukup.

Ide Memanfaatkan Ruang Sisa Atau Ruang Tidak Terpakai Sebagai Ruang Sholat

Ruang sholat di bawah tangga (sumber: www.idea.grid.id)

Hunian yang telah terbangun, namun belum memiliki ruang sholat dapat memanfaatkan ruangan yang telah ada untuk dijadikan ruang sholat. Ada alternatif-alternatif ruangan yang tidak terpakai untuk dimanfaatkan seperti ruang bawah tangga, ruang teras yang berada di belakang rumah, balkon lantai dua, ruang peralihan dan ruang-ruang lainnya.
Tentu saja ada modifikasi yang harus anda lakukan untuk merubah sedikit konfigurasi ruang, interior dan sebagainya agar ibadah sholat dapat anda lakukan di ruangan-ruangan tersebut. 
Modifikasi-modifikasi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Sekat partisi 
Penggunaan partisi untuk ruang sholat (sumber: www:edesainminimalis.com)
Sekat partisi dapat anda lakukan untuk membagi ruang hingga anda akan mendapatkan ruang baru sebagai ruang sholat. Penggunaan partisi ini membuat fungsi ruangan menjadi fleksibel. Ruang sholat dapat anda kembalikan menjadi ruang sebelumnya hanya dengan membuka atau memindahkan partisinya saja.
  • Dekorasi 
Wall sticker kaligrafi (sumber: www.media.rooang.com)

Dengan sedikit sentuhan dekorasi, anda bisa mengubah ruangan yang telah anda menjadi sebuah ruang sholat yang indah. Anda dapat melakukan tips-tips dekorasi seperti pengecatan, penambahan wallpaper, wallsticker bertemakan arabesque atau kaligrafi. Selain itu, anda juga dapat menambahkan penggunaan kandil atau lampu gantung dengan tema timur tengah. Jangan lupa tambahkan juga karpet sholat sesuai selera.


Ide Memanfaatkan Taman di Belakang Atau di Dalam Rumah Sebagai Ruang Sholat

Ruang sholat di teras (sumber:www:life.idntimes.com)

Memiliki taman di belakang rumah (backyard) atau bagian tengah rumah (inneryard) yang cukup privasi dapat anda jadikan pilihan untuk menjadikannya juga sebagai bagian dari ruang sholat yang adem. Teras yang bersisian dengan taman dapat anda manfaatkan sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah shalat. Jika perlu anda dapat menambahkan pintu atau dinding yang dapat dibuka dan tutup sesuai kebutuhan.
Tema natural dapat anda manfaatkan dengan baik. Suara gemericik air dari elemen air di taman akan semakin menciptakan nuansa kontempelasi sehingga menambah ke khusyukan ibadah sholat anda.

Ide membuat Lantai Mezanine Sebagai Ruang Sholat

Mezzanine sebagai ruang sholat (sumber: roemahimpian.blogspot.co.id)

Menyerupai dengan membagi ruang yang telah ada dengan menggunakan partisi, kali ini idenya adalah dengan  membagi ruang yang telah ada secara vertikal. Pembagian sebuah ruangan secarat vertikal akan menciptakan sebuah lantai mezanine yang dapat anda manfaatkan sebagai ruang sholat.
Pembagian ruang secara vertikal perlu mempertimbangkan ketinggian ruang yang cukup dan nyaman.
Penambahan lantai mezanine dapat dilakukan secara sederhana dengan penambahan struktur kayu dan lantai papan.

Ide Ruang Sholat Pada Ruang Bersama

Ruang sholat pada ruang baca (sumber:www.rumahaku.net)

Jika ruangan-ruangan pada hunian anda sangat terbatas dan anda tidak dapat menemukan ruang yang dapat anda jadikan ruang sholat, anda masih dapat menyediakan ruang sholat.
Dengan mengusung prinsip-prinsip sebuah rumah compact dengan menggabungkan beberapa aktifitas pada sebuah ruang, maka anda dapat melakukannya juga pada hunian anda.
Mungkin saja hunian anda memiliki ruang baca, ruang kerja, atau ruang keluarga yang dapat anda tambahkan fungsinya sebagai ruang sholat. 
Penambahan fungsi baru pada sebuah ruang yang telah ada dapat melihat durasi atau waktu terjadinya aktifitas. Ruang shalat seperti yang kita ketahui akan difungsikan hanya pada waktu-waktu tertentu saja yaitu hanya pada lima waktu shalat fardhu, selebihnya anda kembali dapat memfungsikan kembali ruangan tersebut.
Ide penggunaan ruang seperti ini tentu saja tidak maksimal seperti ruang shalat yang memang telah diperuntukkan secara khusus, namun terkadang anda harus berkompromi dengan keadaan pada hunian anda.

Itu dia lima ide untuk menghadirkan sebuah ruang sholat pada hunian anda. Semoga ide-ide tersebut dapat memberi inspirasi bagi hunian anda.
Inspirasi Desain Ruang Sholat Yang Membuat Ibadah Keluarga Menjadi Lebih Khusyuk Inspirasi Desain Ruang Sholat Yang Membuat Ibadah Keluarga Menjadi Lebih Khusyuk Reviewed by arsitektur123 on 9:45 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.